Cara Pasang Iklan

paytren

Cara Daftar Paytren

Ads

Oncom Dawuan Kuliner Khas Kota Subang

Rangga Inn Restaurant
Oncom Dawuan Kuliner Khas Kota Subang
Oncom Dawuan Kuliner Khas Kota Subang

Mendengar kata Oncom Dawuan tentunya membuat anda ingat pada artikel sebelumnya yang berjudul Wisata Kuliner Di Subang. Salah satu jenis makanan yang di fermentasi dan dibiarkan berjamur ini menjadi salah satu jenis kuliner di kota Subang yang menarik. Seperti yang tertulis pada namanya, Oncom Dawuan merupakan usaha daerah yang berada di Subang, tepatnya di Dawuan, Subang Jawa Barat. Oncom yang dibuat disini sangat terkenal dari berbagai daerah dan hingga mancanegara karena mamiliki cita rasa yang khas dan lezat. Selain rasanya, lokasi penjualan oncom ini juga cukup strategis karena berada pada jalur Subang – Purwakarta – Jakarta.


Pepes Oncom olahan Oncom
Pepes Oncom - olahan Oncom
Yang membuat oncom dawuan memiliki cita rasa yang khas dan lezat ini karena oncom dawuan memiliki kandungan kacang tanah yang tinggi dan berkualitas. Usaha oncom dawuan mulai dirintis oleh masyarakat dawuan sejak tahun 60an, dan hingga sekarang oncom dawuan sangat digemari oleh masyarakat daerah Subang hingga daerah lain. Tak kerap yang membeli oncom dawuan datang dari ibu kota Negara Indonesia atau biasa kita kenal dengan sebutan Jakarta. Selain untuk dikonsumsi sendiri, oncom yang dibeli langsung dari daerah ini juga sering diperjual belikan.


Selain masyarakat Indonesia, oncom dawuan juga terkenal ke Negara – Negara tetangga seperti Malaysia, Brunei, Singapore, Hongkong, Taiwan. Cara oncom ini hingga terkenal ke mancanegara tersebut berawal dari para TKI yang bekerja di Negara tersebut yang membawa oncom dawuan sebagai pelepas rasa rindu terhadap kuliner Indonesia yang khas. Namun karena para majikan yang ikut juga mencicipi Kuliner khas Subang ini menjadi ketagihan dan pada akhirnya ketika para TKI cuti ke Negara Indonesia mereka selalu membawa oleh – oleh dari kota Subang ini.

Keripik Oncom - Olahan Oncom
Keripik Oncom - Olahan Oncom
Masyarakat dawuan memilih menjadi pengrajin oncom karena hasil pertanian kacang tanah yang sangat melimpah di daerah ini.  untuk menjangkau pasar dunia, ada salah satu pengrajin di daerah ini yang berinnovasi membuat oncom kering. Beliau adalah Bapak Harun, salah seorang pengrajin oncom yang berinovasi untuk membuat oncom menjadi kering dan bisa bertahan lama hingga berbulan – bulan. Untuk proses memasak oncom kering ini kita hanya tinngal merendam oncom kedalam air beberapa menit saja sebelum digoreng. Untuk rasanya, Bapak Harun menjamin 100% tidak akan berubah. Pembuatan oncom kering ini sendiri tidak jauh berbeda dengan oncom lainnya, yang membedakan hanya oncom ini dikeringkan dengan cara dijemur dibawah teriknya matahari hingga akan menghilangkan kandungan air yang berada di dalam oncom. Jadilah oncom kering yang siap dipasarkan ke Negara – Negara tetangga yang berada tidak jauh dari Indonesia. Jika anda ingin membeli oncom dawuan ini secara langsung Ke Subang, anda bisa mendatangi Jalan Raya Dawuan yang dijadikan tempat jajanan kuliner Subang.

beberapa olahan oncom lainnya.
Combro (Oncom Di jero) - olahan Oncom
Combro (Oncom Di jero) - olahan Oncom

Oncom Dalam Paria - Olahan Oncom
Oncom Dalam Paria - Olahan Oncom


Demikian mengenai Oncom Dawuan yang terkenal hingga mancanegara. Jangn lupa follow akun Google+ kami agar anda selalu terhubung dengan beragam artikel terbaru dari kami. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Oncom Dawuan Kuliner Khas Kota Subang"

Posting Komentar